Review 11 Tempat Camping di Semarang dengan View Sunrise Keren

Balisugar – Berkemah bisa jadi aktivitas untuk mengisi waktu liburan atau sekedar rehat dari kesibukan sehari-hari. Kota Semarang bisa menjadi tujuan Anda, karena terdapat banyak tempat berkemah mengesankan di sini. Berikut ini adalah tempat berkemah di sekitar Semarang yang bisa Anda kunjungi.  

Bumi Perkemahan Wana Wisata Penggaron

Tempat camping pertama yang bisa jadi pilihan adalah Bumi Perkemahan Wana Wisata Penggaron. Perkemahan ini terletak di kawasan hutan Penggarong yang masih cukup asri.

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk seharga Rp. 6 ribu per orangnya. Meski berada di kawasan hutan, bumi perkemahan ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap diantaranya toilet, mushola, area bermain anak, outbond hingga lapangan golf.

Camping Lembah Umbul Sidomukti

Rekomendasi tempat berkemah selanjutnya adalah Camping Lembah Umbul Sidomukti, yang berlokasi di Wisata Umbul Sidomukti kecamatan Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Di tempat berkemah ini, ada tiga jenis tenda yang bisa dipilih yakni tenda camping biasa, tenda panggung dan safari camp. Masing-masing tenda tersebut disewakan dengan harga yang berbeda.  Anda bisa memilih tenda yang paling nyaman dan sesuai dengan budget liburan.

Mawar Camp Gunung Ungaran

Mawar Camp Gunung Ungaran adalah tempat camping di Semarang yang recommended selanjutnya. Perkemahan ini berada di kaki Gunung Ungaran dan sangat cocok bagi pemula karena treknya yang ringan.

Mawar Camp berlokasi di kawasan wisata Umbul Sidomukti, tepatnya di Jalan Goa Jepang  No. 5, Kluwihan, Sidomukti, Bandungan, Semarang. Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5 ribu, sementara tiket masuk Mawar Camp adalah Rp. 10 ribu.

Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan Wisata Tinjomoyo adalah tempat berkemah yang dulunya merupakan sebuah kebun binatang. Kebun binatang tersebut ditutup akibat banjir dari luapan Kali Garang pada tahun 2006 dan tanah yang mudah mengalami longsor. 

Saat ini Hutan Wisata Tinjomoyo menjadi destinasi wisata di pusat Kota Semarang, yang menawarkan berbagai aktivitas seru seperti berfoto, menikmati pemandangan hijau, outbond, hingga berkemah. 

Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau. Jadi, tidak heran jika lokasi ini sering dijadikan tempat rekreasi murah meriah bagi masyarakat. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 4 ribu per orang dan Rp. 3.500 per orang untuk kunjungan rombongan dengan minimal 20 orang. 

Bumi Perkemahan Candra Birawa Karanggeneng

Bumi Perkemahan Candra Birawa Karanggeneng sering dijadikan tempat camping dan kegiatan pramuka di Kota Semarang. Kawasan ini memiliki total luas sekitar 6 hektar, dengan 2 hektar yang sudah dikembangkan. 

Berlokasi di Jalan Candrabirawa, Sumurrejo, Karanggeneng, Kota Semarang, Jawa Tengah, Bumi Perkemahan Candra Birawa Karanggeneng banyak dipilih sebagai lokasi berkemah oleh berbagai kalangan, di antaranya adalah mahasiswa dan pelajar. 

Retret Efrata & Camping Hill

Ingin berkemah dengan nyaman dan jauh dari kebisingan kota? Anda bisa mengunjungi Retreat Efrata & Camping Hill. Tempat camping ini beralamat di Suruhan, Kenji, Ungaran Barat, Semarang Regency, Jawa Tengah. 

Menawarkan kegiatan berkemah di tempat yang asri dan pemandangan hijau, Retret Efrata bisa jadi tempat Anda rehat dari kesibukan sehari-hari. Selain berkemah, Retret Efrata juga menyediakan penginapan, sewa gedung pertemuan dan lain-lain. 

Untuk menginap disini, Anda cukup membayar sebesar Rp. 50 ribu per orang dan Rp. 75 ribu untuk harga menginap pada akhir pekan dan tanggal merah. Jika datang bersama rombongan minimal 30 orang harga masuknya menjadi Rp. 30 ribu saja.

Camping Ground GMKA – Lake View

Tempat camping di sekitar Semarang selanjutnya adalah Camping Ground GMKA yang menyajikan pemandangan langsung ke arah danau. Camping Ground GMKA beralamat di Kebonsari, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Selain menjadi tempat berkemah yang asri dan adem, Camping Ground GMKA juga banyak dijadikan tempat ziarah bagi umat katolik. Pasalnya, di sini terdapat patung Bunda Maria terbesar di Indonesia. 

Camping Ground Pinus Cunthel

Camping Ground Pinus Cunthel merupakan tempat camping yang bisa Anda kunjungi bersama orang tersayang, seperti teman, keluarga atau kerabat. Di sini fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari tenda, toilet, hingga mini restoran. 

Camping Ground Pinus Cunthel berlokasi di Sundel, Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, letaknya tepat di bawah kaki Gunung Merbabu. Anda bisa melihat pemandangan Kota Magelang, Gunung Andong dan Sindoro-Sumbing dari sini.

Menawarkan suasana asri dan sejuk dengan pemandangan alam yang indah membuat camping ground ini cocok dijadikan tempat healing saat musim liburan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pendakian ke Gunung Merbabu dari lokasi ini. 

Harda Walika Scout Camping Ground

Sesuai dengan namanya, Harda Walika Scout Camping Ground merupakan camping ground yang sering dijadikan tempat berkemah atau berkegiatan pramuka. Lokasinya terletak di Jatirejo, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Camping ground ini menawarkan tempat berkemah yang luas dan asri. Terdapat juga gazebo, toilet, hingga lapangan sepak bola. Di sini juga dilengkapi dengan fasilitas bermain outdoor yang membuat kegiatan berkemah menjadi lebih menyenangkan. 

Kayana Camping Ground

Kayana Camping Ground adalah tempat camping di Semarang yang juga recommended Anda kunjungi. Camping ground yang buka pada bulan September 2020 lalu ini, memiliki fasilitas yang lengkap dan sangat cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga. 

Berkemah di Kayana Camping Ground bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan. Pasalnya, disini terdapat jembatan gantung dengan lampu-lampu hias di atasnya yang cantik dijadikan latar berfoto. Terdapat juga area untuk duduk-duduk santai sambil berbincang bersama orang terkasih. 

Lokasinya terletak di Krajan, Banyu Kuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk memasuki area Kayana Camping Ground, pengunjung akan dimintai biaya tiket masuk sebesar Rp. 10 ribu per orang.  Jika ingin berkemah, Anda akan dikenakan biaya sewa tenda sebesar Rp. 50 ribu. 

Campground Mbalong Sepakung

Tempat camping di Semarang selanjutnya adalah Campground Mbalong Sepakung. Camping ground ini beralamat di Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Campground Mbalong Sepakung menawarkan kegiatan berkemah di tengah hutan yang hijau dan sejuk. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti kolam renang, toilet, warung, gazebo dan tempat parkir. 

Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa berjalan kaki maupun menaiki kendaraan, namun medan yang akan dilewati mungkin sedikit sulit. Akan tetapi, itu akan terbayar dengan pemandangan dan keindahan yang disajikan ketika sampai ke lokasi camp ini. 

Karena keindahan pemandangannya, tidak sedikit pengunjung yang beranggapan bahwa Campground Mbalong Sepakung ini adalah hidden gem tempat camping dan healing di Semarang. 

Berkemah memang menjadi kegiatan seru yang bisa dilakukan ketika liburan dan menjadi kesempatan untuk rehat dari rutinitas sehari-hari. Budget yang dibutuhkan untuk berkemah juga tidak begitu mahal, karena beberapa camping ground di Semarang bahkan menawarkan tariff yang sangat terjangkau.

Ulil Albab

Ulil Albab

Related Posts

Review, Rute, dan Harga Tiket Masuk Wisata Batu Lawang Cirebon

Balisugar – Wisata Batu Lawang Cirebon – Berkunjung ke cirebon tak lengkap bila tak berkunjung ke wisata alam cirebon. Salah satu wisata alam cirebon yang dekat dengan kota cirebon adalah…

Review Wahana Lembah Nirwana, Tiket Murah Puas Pandangi Keindahan Alamnya

Balisugar – Wahana Lembah Nirwana merupakan objek wisata yang konsepnya memadukan antara keindahan wisata alamiah dengan wisata buatan. Alamiah karena lokasinya terletak di pegunungan dan ditambah bangunannya yang didesaign modern…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Review dan Harga Kamar Hotel Queensa Kudus

Review dan Harga Kamar Hotel Queensa Kudus

Cara Install Customrom AOSP di MI A1 Tanpa Encripted dan Treble

Cara Install Customrom AOSP di MI A1 Tanpa Encripted dan Treble

Ulasan Kolam Renang Istana Candi

Ulasan Kolam Renang Istana Candi

Ulasan Kolam Renang Museum Kretek Kudus

Ulasan Kolam Renang Museum Kretek Kudus

Ulasan Kolam Renang Lambao Kudus

Ulasan Kolam Renang Lambao Kudus

Kumpulan Prompt Foto Karikatur Bin Image Creator

Kumpulan Prompt Foto Karikatur Bin Image Creator